Halo, Sobat! Selamat ya bagi kalian yang udah formal jadi mahasiswa baru. Kira-kira rela ngapain aja sih sepanjang kuliah nanti? Kuliah pulang atau kuliah main, nih? Eits, pada mulanya kenapa tidak mencoba jadi mahasiswa berprestasi? Bukan tidak kemungkinan jadi mahasiswa baru sekaligus mahasiswa berprestasi.

Tapi, apa kamu udah tahu betul berkenaan konsep mahasiswa berprestasi saat Penerimaan Mahasiswa suryakancana? Kalau belum, alangkah baiknya untuk menyiapkan segala sesuatunya dari awal kamu berkuliah. Tinggal hitungan hari loh, perjalanan dan petualangan baru kamu di dunia perkuliahan akan dimulai. Sudah siap, Sobat? Apa saja ya yang harus dipersiapkan dari awal untuk jadi mahasiswa berprestasi? Yuk atur strategi dengan 7 tips ini!

1. Perjelas Tujuan dan Passion-mu!
Yang pertama, kala kamu idamkan jadi mahasiswa berprestasi kamu kudu tau bidang mana yang kamu kuasai. Pilih sedikitnya 3 bidang yang sesuai bersama passion-mu sesudah itu kembangkan! Setelah itu, perjelas obyek atau goals yang idamkan kamu capai. Misalnya, mempertahankan IPK supaya tetap di atas 3,00, mengikuti sedikitnya 2 organisasi, memenangkan lomba dan lain sebagainya. Atur strategi dan jangan lupa untuk menjadikan tujuanmu sebagai motivasi!

 

2. Memiliki Komitmen Kuat dalam Mengikuti Kegiatan Akademik
Proses seleksi untuk jadi mahasiswa berprestasi di awali bersama tahapan seleksi akademik, terhitung di dalamnya sedikitnya nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Nilai sedikitnya IPK yang diperlukan sekiranya idamkan jadi mahasiswa berprestasi ialah 3,00. Usaha mempertahankan nilai IPK untuk tetap stabil atau lebih-lebih meningkat lumayan jadi tantangan. Apalagi kamu kudu mencukupi kewajiban akademik, layaknya tugas, kuis, praktik lapangan dan juga aktivitas di luar akademik lainnya secara bersamaan. Belum ulang kamu kudu beradu bersama mahasiswa satu jurusan, fakultas, universitas, sampai tingkat nasional nanti. Jadi, miliki komitmen yang kuat dalam aktivitas akademik adalah keliru satu strategi utama jadi mahasiswa berprestasi.

 

3. Mampu Bersosialisasi dan Memiliki Relasi yang Luas
Setiap kandidat mahasiswa berprestasi nantinya kudu menyiapkan karya tulis ilmiah. Proses penulisan dan penelitian dari karya ilmiah ini membutuhkan observasi segera ke lapangan. Sehingga miliki kapabilitas bersosialisasi yang baik amat diperlukan supaya dapat membaur bersama masyarakat sekitar. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari di universitas pun, kamu terhitung kudu untuk bersosialisasi. Baik bersama kawan sejurusan, satu organisasi, lebih-lebih karyawan kantin di fakultasmu. Jangan lupa untuk membangun relasi yang baik bersama dosen, kakak tingkat, teman-teman dari luar fakultas dan sebagainya. Kelilingilah dirimu bersama orang-orang yang dapat mendukungmu untuk jadi spesial yang lebih baik!

 

4. Aktif Berorganisasi
Oh iya Sobat Campuspedia, jadi mahasiswa berprestasi tidak berhenti hanya terhadap persoalan prestasi akademik loh. Seorang mahasiswa berprestasi terhitung kudu untuk aktif berorganisasi! Kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler yang kamu mengikuti dapat jadi poin penilaian yang penting. Dalam tahapan seleksi mahasiswa berprestasi tingkat nasional, prestasi dan penghargaan dalam bidang spesifik layaknya seni atau olahraga akan tingkatkan penilaian. Kamu terhitung diperbolehkan untuk menuliskan sampai sepuluh prestasi unggulan yang dibanggakan, terhitung di dalamnya organisasi dan persaingan yang udah diikuti.

 

5. Kepribadian, Poin Penting yang Tidak Boleh Terlupakan
Sobat Campuspedia yang idamkan jadi mahasiswa berprestasi, udah saatnya bagi kamu melatih kapabilitas kudu bicara di depan umum. Salah satu tahapan seleksi yang jadi poin mutlak penilaian ialah penyampaian presentasi hasil karya ilmiah milikmu. Selain itu, kapabilitas bicara dan menyampaikan pendapat secara logis dan berdasarkan fakta terhitung kudu dilatih loh. Kesantunan bicara dan juga sikap disiplin merupakan bagian dari penilaian!

6. Miliki Mentor yang Hebat
Setiap mahasiswa berprestasi rasanya tetap miliki seorang mentor yang dapat jadi panutannya dan dapat dimintai saran kala dibutuhkan. Mentor ini dapat didapatkan bersama membangun jalinan bersama mahasiswa berprestasi sebelumnya, supaya lebih tahu terkecuali idamkan menanyakan kiat-kiat jadi mapres.

Pilihlah seorang kenalanmu yang bersedia jadi mentor sepanjang berada di dunia perkuliahan. Mentor yang hebat dapat didapatkan dari mana-mana. Maka dari itu, perbanyak relasi ya Sobat Campuspedia! Belajar saja tidak lumayan terkecuali idamkan mendapat predikat sebagai mahasiswa berprestasi.

 

7. Perbanyak Diskusi dan Miliki Pikiran yang Terbuka
Kebanyakan orang yang berhasil jadi mahasiswa berprestasi miliki anggapan yang tebuka dan dapat diajak diskusi berkenaan berbagai hal. Oleh dikarenakan itu, terkecuali kamu idamkan jadi mahasiswa berprestasi, banyak-banyaklah berdiskusi. Tidak hanya bersama teman, tetapi terhitung bersama dosen dan semua civitas akademika di perguruan tinggi. Berdiskusi akan terhubung pemikiran-pemikiran baru dan mengakibatkan seseorang lebih hidup dalam merintis dunia perkuliahan. Dengan anggapan terbuka, sudah pasti pengetahuan terhitung lebih mudah masuk. Semangat ya Sobat!

Nah itu tadi 7 Tips Menjadi Mahasiswa Baru Sekaligus Mahasiswa Berprestasi! Sudah siapkah kamu menghadapi dunia perkuliahan? Tetap stimulus ya Sobat!