Belajar musik bisa diawali berasal dari mempelajari piano, sebelum rubah untuk mempelajari instrumen lain. Tentu, seluruh orang bisa mempelajarinya, namun umur paling baik untuk mempelajari piano adalah di umur 6-9 tahun. Sebab, anak-anak di umur itu terlampau cepat untuk mencerna materi dan memahaminya.

Untuk latihan, banyak orang memilih keyboard piano daripada grand piano. Sebab, ukurannya lebih kecil dan fleksibel dibawa kemana-mana. Lantas, apa brand keyboard piano yang paling tenar dan banyak dipakai?

 

1. Casio

Di th. 1980, Casio merilis keyboard elektronik pertama, yakni CT-201. Keyboard ini tenar ringan, compact, disertai bersama built-in speaker dan 29 style nada yang berbeda, memahami Casio di laman resminya.

Casio membagi keyboard-nya menjadi sebagian tipe, yakni localized keyboard yang sedia kan nada instrumen lokal layaknya sitar, tabla, dan harmonium alias reed organ. Ada pula mini keyboard yang kebanyakan terdiri berasal dari tiga oktaf.

Lalu, ada terhitung key lighting keyboard di mana tutsnya bisa menyala dan disambungkan ke TV. Ada pula standard keyboard yang kebanyakan terdiri berasal dari 5 oktaf dan juga high-grade keyboard yang membawa fitur terlengkap dan mempunyai sensasi yang mirip layaknya bermain piano kemudian membelinya di jual piano yamaha.

2. Korg

Korg ditemukan di th. 1962 oleh Tsutomu Kato dan Tadashi Osanai bersama nama Keio Gijutsu Kenkyujo Ltd, selanjutnya berganti ke Keio Electronic Laboratories. Di th. 1967, Tsutomu Kato didatangi oleh Fumio Mieda, seorang insinyur yang inginkan membuat keyboard.

Terkesan bersama antusiasme Fumio Mieda, Kato meminta Mieda untuk membuat prototipe dan 18 bulan lantas Mieda terlihat bersama organ yang bisa diprogram. Tak disangka, organ itu laris terjual di akhir th. 1960 dan di awal th. 1970.

Salah satu keyboard Korg yang paling laris terjual adalah Korg Kronos yang mempunyai 73 tuts dan 197 dampak suara. Keyboard ini disempurnakan bersama hammer action, sehingga jadi berat saat ditekan dan mirip layaknya piano akustik.

3. Kawai

Kawai adalah perusahaan yang memproduksi instrumen musik dan bermarkas di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang. Salah satu keyboard yang best seller adalah Kawai PH-50 Pop. Keyboard ini mempunyai 49 tuts fullsize, built-in speaker, 200 preset suara, 30 preset ritme, pengontrol tempo dan tetap banyak lagi.

Ada pula Kawai ES110 Portable Digital Piano yang mempunyai 88 tuts dan disempurnakan bersama weighted hammer action, sehingga jadi layaknya piano akustik. Selain itu, Kawai K5000 terhitung laris terjual di pasaran. Ini adalah digital synthesizer yang membawa 61 tuts, terang laman Vintage Synth.

 

4. Roland

Roland adalah perusahaan yang memproduksi instrumen musik dan ditemukan oleh Ikutaro Kakehashi di Osaka, Jepang, pada 18 April 1972. Salah satu keyboard yang best seller adalah Roland RD-800 yang disempurnakan bersama 88 tuts dan fitur weighted hammer-action, memahami Roland di laman resminya.

Harga jualnya di Indonesia kebanyakan di atas Rp30 juta. Tak heran, gara-gara Roland RD-800 dijuluki sebagai stage piano dan diciptakan khusus untuk live performance. Sementara, untuk pemula, kamu bisa mencoba Roland FP-10, digital piano yang mempunyai 88 tuts. Harganya jauh lebih murah, kira-kira Rp6,8 juta.

 

5. Yamaha

Kamu tentu udah mengenal brand yang terakhir ini. Yep, Yamaha udah lama berkecimpung untuk membuat instrumen musik yang berkualitas. Ada banyak pilihan yang tersedia, jikalau Yamaha PSR-EW300. Keyboard ini mempunyai 76 tuts and 574 dampak nada dan dijual bersama harga Rp4,2 juta, sehingga sesuai untuk pemula.

Ada pula Yamaha P-45, digital piano yang mempunyai 88 tuts. Tergolong minimalis dan simpel, gara-gara cuma mempunyai 10 dampak nada dan sustain pedal-nya tidak terlampau bagus, ujar laman Digital Piano Judge. Di pasaran, Yamaha P-45 dijual bersama harga Rp5,5 juta hingga Rp6 juta.

Nah, itulah lima brand keyboard piano yang paling tenar dan kerap digunakan. Kamu tertarik bersama brand yang mana?