Saat mencari pekerjaan, Anda perlu mengumpulkan beberapa jenis dokumen penting. Salah satunya adalah surat lamaran kerja. Secara alami, mengikuti langkah-langkah yang tepat saat menulis surat lamaran kerja ini diperlukan untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan pekerjaan. Elemen-elemen berikut harus dimasukkan dalam surat lamaran untuk lamaran pekerjaan:

1. Alamat pengirim

Saat menulis surat lamaran kerja, beberapa orang memilih untuk menuliskan alamat pengirim di surat lamarannya, sementara yang lain memilih untuk tidak. Alamat pengirim biasanya terletak di kanan atas surat, jika Anda benar-benar perlu menuliskannya.

2. Menulis lokasi dan tanggal

Bagian selanjutnya mencakup lokasi penulis dan tanggal penulisan. Bagian surat ini akan ditulis setelah alamat pengirim. Jarak antara dua atau tiga spasi agar tetap rapi dan tidak terlihat terlalu berdekatan.

3. Lampiran dan hal

Ada lebih banyak hal dan lampiran yang menunjukkan motivasi mengapa surat tersebut ditulis. Dibagian lampiran dapat dibiarkan kosong jika tidak ada lampiran dalam surat lamaran kerja.

4. Tujuan penerima surat

Bagian berikut adalah tentang orang yang akan menerima surat lamaran kerja. Bagian ini biasanya dimulai dengan kata “kepada” dan kemudian menuliskan sesuatu seperti “Kepada HRD yang terhormat”. Selanjutnya sertakan nama lengkap dan alamat perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. Pastikan dengan benar apakah Anda menulis seluruh alamat perusahan yang Anda lamar dengan lengkap.

5. Salam pembuka

Jadi mulailah dengan salam pembuka. Salam ini harus digunakan oleh orang-orang dari semua agama dan budaya. Anda dapat memulai surat Anda dengan salam tradisional “hormat” yang digunakan dalam surat formal seperti lamaran kerja.

6. Paragraf Pertama

Surat lamaran kerja ini dibagi menjadi beberapa komponen, yang masing-masing harus ditulis dalam urutan yang tepat. Setelah salam pembuka, paragraf pertama dapat ditulis. Anda dapat menyebutkan dimana Anda mengetahui tentang lowongan pekerjaan tersebut.

7. Isi surat lamaran

Inilah inti dari surat lamaran untuk lamaran pekerjaan. Seluruh identitas Anda dapat diungkapkan di surat ini. Cukup nyatakan rencana Anda untuk melamar pekerjaan di posisi yang diinginkan. Setelah selesai, periksa kembali untuk melihat apakah bahasa yang anda pakai itu formal dan ditulis secara logis.

8. Paragraf Penutup

Setelah memastikan isi surat ditulis dengan baik, Anda dapat mulai mengerjakan paragraf penutup. Anda dapat menyampaikan keinginan Anda untuk dipekerjakan dan menjadi anggota tim untuk posisi yang Anda cari. Di bagian ini, Anda juga bisa mengucapkan terima kasih.

Itulah elemen yang harus dimiliki setiap surat lamaran kerja. Setelah Anda selesai menulis surat lamaran pekerjaan Anda, disarankan agar Anda melamar secara online di situs web lowongan kerja ini karena banyak perusahaan perekrutan membuka lowongan pekerjaan yang terbuka melalui situs tersebut sesuai dengan keahlian Anda.